MasyaAllah Pemandangan Mengharukan di Kabah Setelah Mataf Dibuka Lagi


Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz telah memutuskan untuk membuka kembali Mataf atau area Tawaf di sekitar Kabah di Masjidil Haram, Kota Suci Mekah.

Lokasi ini mulai dibuka Sabtu pagi waktu setempat, 7 Maret 2020. Pembukaan area itu dilakukan dilakukan karena dinilai lokasi sudah aman usai dilakukan sterilisasi untuk mencegah serangan virus corona atau COVID-19.

Usai dilakukan pembukaan, aktivitas di jantung Kabah mulai berdenyut. Para jemaah berdatangan untuk melakukan ibadah Tawaf dan berdoa. Tampak banyak jemaah meneteskan air mata, mereka menangis terharu bisa kembali berada sangat dekat dengan Kabah yang telah dirindu sejak ditutup.

Pantauan Haramain, cukup banyak jemaah yang datang untuk beribadah di lokasi Mataf yang sudah dibuka hari ini. Dan jemaah terlihat sangat tertib mematuhi aturan yang berlaku di sana.

Terlihat tak ada jemaah yang berani melewati pagar-pagar pembatas yang telah dipasang di sekitar Kabah. Pagar itu memang sengaja dipasang agar untuk sementara waktu tak ada orang yang menjamah bagian Kabah, hal itu dilakukan mengacu pada pola penyebaran virus corona yang disebut bisa menular melalui sentuhan tangan.

Seperti kebiasaan umum jemaah yang beribadah di Kabah, mereka sangat suka menyentuh bagian tubuh dari Kabah. Terutama sekali berusaha mencium batu Hajar Aswad.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengklarifikasi kabar penundaan umroh yang dikeluarkan Arab Saudi sepanjang 2020. Endang menyebut sampai saat ini belum menerima informasi resmi terkait hal itu.

Kendati begitu, Endang sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan, berita itu tidak benar.

“ KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama satu tahun di 2020 itu tidak benar,” ujar Endang, dilaporkan laman Kemenag, Kamis, 5 Maret 2020.

“ Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” kata dia.

Post a Comment

Previous Post Next Post