Asal Usul Ular pada logo Apotek

Helo sobat omheker kali ini omheker akan menjelaskan sejarah Asal Usul Ular pada logo Apotek, mengapa logo apotek itu berbentuk mangkuk dan ular ya Namanya adalah Bowl of Hygieia
Secara umum lambangnya seperti ini, ada bowl alias cawan atau mangkuk yang dibelit oleh ular, dan ular memberikan racun di atasnya.
sebelah kiri adalah bowl of hygieia sebagai lambang farmasi dan sebelah kanan adalah rod of asclepius sebagai lambang kedokteran
Bowl of Hygieia sebagai lambang farmasi sangat erat kaitannya dengan Rod of Asclepius sebagai lambang kedokteran. Menurut mitologi Yunani, Asclepius adalah Dewa Pengobatan (Medicine). Sedangkan Hygieia adalah Dewi Kesehatan (Health). Hygieia merupakan putri dari Asclepius dan Epione, Dewi Kesembuhan (Healing)
Kalo dilihat dari ceritanya, Zeus membunuh Asclepius karena takut Asclepius akan menggunakan kekuatannya untuk membuat semua manusia abadi. Setelah kematian Asclepius, ular yang tidak berbahaya ditemukan di dalam kuil yang dibangun untuk menghormatinya. 
Ular-ular ini tampak mati, tetapi ketika diangkat dan dijatuhkan mereka merayap pergi. Orang-orang percaya bahwa ular-ular itu dihidupkan kembali oleh kekuatan penyembuhan Asclepius dan mereka menjadi simbol penyembuhan. Ini adalah awal mula ular dan tongkat Asclepius dikaitkan dengan dunia kedokteran.
Hygieia sering pergi ke kuil yang berisi ular-ular ini. Karena itu Hygieia sering digambarkan sebagai seorang wanita dengan seekor ular di lengannya dan semangkuk ramuan obat di tangannya. Ini adalah awal mula mangkuk dan ular dikaitkan dengan farmasi.
Penggunaan Asal Usul Ular pada logo Apotek atau bowl of hygieia sebagai lambang farmasi sudah dikaitkan oleh masyarakat eropa sejak dulu, namun baru tahun 1796 lambang ini dipakai oleh Parisian Society of Pharmacy. Kemudian lambang ini diadopsi oleh perkumpulan farmasi di negara lain dan akhirnya dikenal secara internasional sebagai lambang dari farmasi. 
Satu lagi lambang yang berkaitan dengan dunia medis adalah Lamp of Nightingale sebagai lambang keperawatan.
lamp of nightingale
Pemilihan lambang ini tentu saja dikaitkan dengan Florence Nightingale, perempuan dengan lentera yang merawat orang-orang saat masa perang.

demikianlah sejarang singkat Asal Usul Ular pada logo Apotek semoga dapat memberikan informasi yang jelas untuk anda. sekian dan terima kasih

Post a Comment

Previous Post Next Post