Hal-Hal yang harus dilakukan jika terjadi serangan BOM NUKLIR


Bom nuklir adalah senjata yang paling mengerikan sepanjang sejarah manusia. Senjata ini dikenal sebagai senjata dengan kerusakan yang tidak terkendalikan.
Selain dari efek ledakan, senjata ini menimbulkan efek radiasi yang tentunya berdampak fatal bagi manusia.
Tak terbayangkan jika kita berada dalam kegaduhan perang nuklir. Nah... Kali ini mimin bakal kasih tau, hal apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi serangan bom nuklir.
1. MEMPERSIAPKAN DIRI
Hal ini sangat diperlukan sebelum bencana terjadi. Tak terkecuali apabila adanya serangan bom nuklir.
Hal yang paling penting tentunya obat obatan P3K. kita juga harus men-stok air bersih dan makanan tahan lama seperti makanan kaleng, beras, kacang-kacangan dsb. Alat lain seperti senter, masker, alat komunikasi juga sangat diperlukan.
Mengungsi ke daerah pedesaan/perkampungan saat konflik politik sedang panas juga salah satu upaya dalam melindungi diri. Karena pihak musuh akan menyerang di titik padat penduduk seperti perkotaan.
2. MENCARI TEMPAT BERLINDUNG
Jika kamu tidak sempat mengungsi ke pedesaan, kamu harus segera mencari tempat berlindung secepat mungkin.
Bunker/bawah tanah adalah tempat paling efektif untuk berlindung. Kota-kota besar biasanya menyediakan Bunker darurat untuk berlindung. Makanya alat komunikasi seperti radio atau sebagainya sangat diperlukan.
3.SAAT LEDAKAN TERJADI
Jangan pernah melihat sinar yang ditimbulkan oleh ledakan. Karena itu bisa membutakan matamu.
Jika kamu berada di titik zona radius ledak, maka peluang keselamatan hidup mu adalah nol, kecuali berlindung di bunker yang super hebat.
Jika kamu berada di radius beberapa km dari titik ledak, kamu punya waktu 10-15 detik untuk berlindung dari gelombang panas, dan 20-25 detik dari gelombang kejutnya.
Jika tempat berlindung seperti bunker tidak memungkinkan, kamu harus berlindung di sebuah parit atau tembok yang sekiranya dapat melindungi. Kemudian tiaraplah dan sebisa mungkin tutupi bagian kulit.
4.SAAT BERADA DI TEMPAT BERLINDUNG

Kamu harus berlindung setidaknya 48 jam di dalam bunker atau sampai ada bala bantuan datang.
Pergunakan alat seperlunya dan Konsumsi makanan seperlunya
5.PERTOLONGAN PERTAMA
Setelah kamu selamat dari ledakan, kamu harus mandi dengan sabun yang banyak tapi jangan digosok/disikat. buang pakaianmu yang sudah terkontaminasi radiasi.
Bila mengalami luka, segeralah obati dengan obat-obatan P3K. Apabila ada posko terdekat, segeralah datang kesana untuk ditindak lanjuti.
Perlu diingat, efek ledakan radius 8 km dari titik ledak saja bisa menimbulkan luka bakar tingkat III. Dan dari jarak 32 km juga bisa membuat kulitmu gosong.
Nah.... Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan jika terjadi serangan bom nuklir. Semoga kita semua dijauhkan dari bencana seperti itu.
Dirangkum dari berbagai sumber

Post a Comment

Previous Post Next Post